Dendeng Balado yang Crunchy Masakan Padang

Dendeng - Dendeng adalah sejenis makanan yang diawetkan dengan bahan utamanya yaitu daging yang sudah diiris tipis dengan dibumbui saus asin, asam, maupun manis dan dikeringkan sehingga tampak rasa dari dendeng yang dihasilkannya renyah, asin dan agak manis. Dendeng biasanya dibuat dari daging sapi, namun sekarang bisa juga dibuat dari daging kambing dan bisa juga dengan menggunakan ikan tuna maupun ikan lainnya, seperti yang pernah saya temui di daerah saya yaitu berasal dari anakan ikan mujair dan ikan sepat.
Dasar dari pembuatan dendeng itu sendiri menurut informasi yang saya dapatkan ialah daging harus menjadi tipis dan harus dikeringkan dengan cepat agar dapat memperlambat pertumbuhan bakteri pada saat proses penjemuran, sehingga bisa menciptakan bahan makanan dendeng yang awet. Namun jika anda ingin memasak dendeng tidak perlu repot membuat dendeng seperti itu terlebih dahulu, anda bisa membeli dendeng yang sudah jadi saja di tempat perbelanjaan.

Balado - Nama balado ini tidak lain adalah berupa sambal yang mana menjadi salah satu ciri khas masakan daerah Padang Sumatera Barat. Balado bisa dikombinasikan dengan bahan apa saja seperti udang, telur, terong, kentang, ikan, dan lainnya. Bagi anda yang suka memasak tentunya ingin berkreasi untuk memasak jenis balado yang disukai. Di bawah ini ada resep untuk anda yang ingin berkreasi dalam memasak khususnya memasak balado, resep yang akan saya bagikan disini yaitu Resep Dendeng Balado.

Bahan Dendeng Balado:
  • 1 kg daging sapi (bisa daging kambing namun tidak disarankan bagi penderita darah tinggi)
  • 5 buah kentang
  • 10 bawang merah
  • ½ kg cabai merah (bukan rawit merah)
  • 2 lembar daun jeruk
  • 3 gelas ukuran sedang untuk minyak
  • dan garam secukupnya

Cara membuat Dendeng Balado:
  • Proses pertama:
    Rebus daging terlebih dahulu 15-20 menit, angkat kemudian iris tipis dan lebar sesuai dengan selera, setelah diiris tipis, lalu tumbuk irisan daging tersebut tapi jangan sampai hancur. Air hasil rebusan daging (kaldu) tadi sisihkan. Buang biji cabai merah potong setengah bagian dan digiling atau diuleg beserta bawang merah.

  • Proses kedua:
    Campurkan cabai, bawang, garam, daging digoreng sampai kering. Kentang dipotong menjadi 4 bagian lalu goreng dan tiriskan. Setelah itu cabai dan kentang digongso dengan minyak sisa penggorengan daging tadi. Masukkan air daging (kaldu) dan daun jeruk agar cabainya harum, terakhir masukkan daging dan kentang goreng, jangan lupa api dikecilkan, setelah itu aduk sampai rata.
Hasilnya kurang lebih seperti gambar dibawah ini
Dendeng Balado yang Crunchy Masakan Padang
Nah, setelah menyiapkan bahan dan melakukan proses membuatnya tadi hingga akhir, masakan Dendeng Balado sudah siap dihidangkan.

No comments:

Post a Comment