Resep masakan Nasi Gurih Ikan Tuna

Ikan Tuna yang memiliki daging berwarna merah muda sampai merah tua dan memiliki tubuh seperti torpedo ini merupakan ikan yang banyak digemari bagi penikmat masakan yang berasal dari ikan tersebut, namun ikan yang satu ini memiliki nilai komersial yang tinggi dan merupakan komoditas perikanan tangkap yang penting. Pada dasarnya ikan tuna tidak seperti ikan lainnya, ikan tuna yang memiliki daging yang padat dan berwarna merah biasanya diolah dengan cara yang bermacam-macam, namun karena ikan ini merupakan salah satu dari ikan yang istimewa maka cara untuk mengolahnya kebanyakan dibuat istimewa juga. Banyak cara untuk dapat mengolah ikan tuna, seperti dibuat masakan yang berupa asam manis, saus tiram, bumbu kuning, rica-rica, bakar, kuah, dan lainnya.

Disini saya juga akan membagikan resep yang berbahan dari ikan tuna dengan pendamping nasi untuk menjadikan menu yang juga tak kalah enaknya. Resep yang akan saya bagikan disini bisa dibilang sederhana dan praktis karena tidak membutuhkan banyak bahan dan cara membuatnya pun cukup singkat. Jika anda ingin memasak dengan bahan ikan tuna dan bingung dengan resep apa lagi untuk mengolahnya, silahkan gunakan resep dibawah ini yaitu resep masakan yang bernama Nasi Gurih Ikan Tuna.

Silahkan siapkan bahan:

Resep masakan Nasi Gurih Ikan Tuna
~ ½ kg beras
~ 700 ml air kaldu ikan
~ 1 kaleng ikan tuna
~ 3 sdm minyak goreng
~ ½ sdt garam
~ ½ sdt lada bubuk
~ 1 sdm jahe parut
~ 1 sdm kecap asin
~ 5 siung bawang putih cincang

Cara membuat:
  1. Cuci bersih dahulu berasnya
  2. Tumis bawang putih dan jahe hingga keluar aroma harumnya langsung masukkan ikan tuna kemudian tumis lagi hingga matang berwarna kecokelatan
  3. Tambahkan kecap asin, garam, lada bubuk, aduk hingga rata
  4. Masukkan beras dan tumis hingga meresap
  5. Tambahkan kaldu ikan kemudian masak sebentar hingga kaldu terserap oleh beras, angkat
  6. Setelah itu pindahkan ke dalam alat mengukus, kukus selama ± 20 menit
Selamat mencoba..

No comments:

Post a Comment