Resep Bolu Gulung Lembut motif Batik

Resep Bolu Gulung Lembut yang akan saya bagikan sekarang yaitu resep bagaimana cara membuat bolu gulung yang lembut dan cantik dengan memiliki motif batik. Bolu gulung ini bisa di bilang kue bolu yang sangat unik dan menarik dan tentunya bisa menambah daya tarik tersendiri. Terlihat dari gambar dibawah, sepertinya membuat bolu gulung ini agak sedikit sulit karena membutuhkan kreatifitas yang harus dituangkan dalam menciptakan motif menyerupai batik tersebut.

Cara membuat bolu gulung yang lembut sebenarnya tidak begitu sulit meskipun bolu yang akan dibuat memiliki corak batik atau bentuk bolu lainnya seperti bolu gulung pisang maupun bolu gulung pelangi yang mana juga sudah dibahas di blog ini sebelumnya. Bagi yang suka membuat kue jenis bolu tentu tertarik ingin membuat bolu bermotif batik karena jika dilihat sekilas bolu gulung ini seperti lembaran kain batik yang digulung. Jika anda penasaran bagaimana cara membuat bolu gulung lembut motif batik, silahkan simak resep dibawah ini, dijamin anda pasti akan bisa membuatnya.
Resep Bolu Gulung Lembut motif Batik
Pertama siapkan bahan, diantaranya;
  • 50 gram tepung terigu
  • 15 gram tepung maizena
  • 75 gram margarine yang sudah dilelehkan
  • 10 gram susu bubuk
  • 30 gram meses cokelat
  • 100 gram gula pasir
  • 3 butir putih telur dan 8 kuning telur
  • 1 sendok teh pasta cokelat
  • 1 sendok teh emulsifier
  • Selai strawberry secukupnya, untuk olesan saja, bisa selai lainnya tergantung selera.

Setelah bahan sudah siap semuanya, sekarang tinggal proses membuatnya, simak dibawah ini dengan teliti;
Pertama siapkan loyang berukuran lebar 25 × 25 cm kemudian beri alas kertas khusus olesi dengan margarine. Silahkan panaskan oven dengan suhu 190° C.
Kocok telur, gula, emulsifier hingga memutih dan mengental, setelah itu masukkan tepung terigu, tepung maizena, dan susu bubuk, aduk perlahan sampai merata.

Kedua masukkan margarine cair yang sudah dilelehkan tadi dan aduk lagi sampai merata. Ambil kira-kira 100 gram adonan campur dengan pasta cokelat aduk rata kemudian masukkan ke dalam plastik kerucut lalu sisihkan dulu. Campur adonan putih dengan meses cokelat aduk rata.

Ketiga silahkan tuang adonan putih ke dalam loyang lalu semprotkan adonan cokelat ke permukaannnya sambil membuat corak batiknya, didalam tahap ini membutuhkan kreatifitas untuk membuat motif batiknya, terserah mengambil contoh batik dari mana saja sesuai selera.
Setelah motif batik yang kita inginkan sudah selesai, masukkan ke dalam oven selama 20 menit. Jika sudah matang siamkan terlebih dahulu selama 5 menit, balik diatas kertas roti diamkan lagi sampai hangat lalu olesi permukaan dengan selai dan gulung. Diamkan selama 30 menit baru dipotong sesuai selera anda.

Jika tahap-tahap diatas sudah dilakukan, maka anda sudah bisa membuat bolu gulung lembut motif batik. Sekian dari saya, semoga resep yang sudah saya tulis di atas bisa bermanfaat bagi anda.

No comments:

Post a Comment